Skip to main content

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D

Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak.

Puding Telur Puyuh? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu  *klo gak salah* di rumah Tante banyak banget cetakan kecil-kecil bentuk telur puyuh, nah suatu hari pas saya datang lagi dia ternyata baru aja buat puding telur puyuh, iihh unyuu banget deeh bentuknya kayak telur puyuh beneran, warnanya juga sama seperti telur. Nah pas acara malam Khatam Qur'an-ku kemarin Tante katanya mau buat puding telur puyuh lagi. Ini emang salah satu menu andalan dese siih, praktis dan laris maniis looh. Weekend kemarin jadi kepikiran juga pengen buat, kebetula udah diberi tahu resep dan step by stepnya ma Tante, makasih resepnya yah Tanteku sayang :*. Dua hari lalu kebetulan lewat TBK langsung deh mampir beli cetakan si telur puyuh sekalian bahan-bahannya. Yuuks, mar buat ;)

Bahan I  *Isian (Kuning) Telur Puyuh:
  • 3 buah kentang, rebus kemudian haluskan
  • 1 sdm mentega
  • 2 sdm gula  *secukupnnya atau sesuai selera
  • 3 sdm terigu
  • 2 butir kuning telur
  • 2 tetes pewarna kuning telur
Campur semua bahan jadi satu kemudian masak di atas api kecil hingga kalis.

Bahan II *Putih Telur Puyuh:
  •   2 bungkus agar-agar putih
  •   5 gelas air, untuk 2 bungkus agar-agar (kurleb 1000ml)
  •   1 kaleng susu kental manis
Campur semua bahan jadi satu kemudian masak hingga matang, angkat.

Bahan I dan II:
 
Buat bulat-bulatan kecil menyerupai kuning telur dari bahan kuning telur puyuh tadi kemudian masukkan ke dalam cetakan. Masukkan bahan agar ke dalam cetakan telur puyuh. Isi cetakannya itu sampai garis batas cetakan yah, kemudian tutup. Tandanya, jika agar-agarnya keluar lewat lubangnya berarti udah bener tuh. Udah pas ukurannya. Diamkan selama 2 - 3 jam, atau hingga telur puyuh bisa lepas dari cetakannya.

Bahan Saus: 
  • 1500ml santan
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 3 sdm tepung custard
  • 200 gram gula *dan atau sesuai selera
Campur semua bahan jadi satu kemudian masak hingga matang, angkat.

:: puding telur puyuh ::

Sajikan dingin pasti lebih nyaaaamiiii, silahkan mencoba yaaah. Enaaak looh, nyam nyaaam maniiiis ^____^


PS: Kata penjual di TBK itu, cetakannya ini bisa digunakan buat telur puyuh buatan untuk sup looh. Caranya telur dimasukkan ke dalam cetakan kemudian dikukus. Hmm kapan-kapan pengen nyoba buat juga aahh. Ohh iya, cetakannya itu macam-macam ukurannya. Ada yang ceti akan lebih kecil lagi, terus ada yang lebih gede lagi seperti ukuran telur ayam looh^^.



 



Comments

Rani Novariany said…
kok aku mikir pertamanya beneran telur puyuh dibikin puding yaaa, hihi
aku suka puding, suka telur puyuh jugaaa :D
Unieq Munawir said…
Kalau dikampungku, puding jelly aneka rasa yang dibuat dengan cetakan ini, dimakannya juga sama vla encer.. rasanyaaa segaaarr, cuma setiap liat cetakannya ga kebayang gmn buatnya.. makanya kemarin begitu dirimu posting bertanyaaa heheheh

tenkiss sayang, lain kali mau coba buat puding telur puyuh ala dirimu, dan puding jelly kayak dikampungku.. beli cetakannya dulu..
Unknown said…
tampaaak enak pupa,, pengen buat...
tp blm ada cetakan telur puyuh.... *alesan*
Unknown said…
tampaaak enak pupa,, pengen buat...
tp blm ada cetakan telur puyuh.... *alesan*
Diah Alsa said…
@Ranii: hehehh, mirip telur puyuh yaah. saya juga suka puding, toooss, enaaak :D


ayooo buat juga yaah ;)

@CC Unieq: saya penasaran jadi nekat buatnya, Alhamdulillah berhasilji tawwa.. padahal sa fikir susyeehh, xixixi
ayoo CC, belimi ki segera itu cetakannya.

@Solmet Rhey: huuu yg sering bikin puding sesekali buat jgn yg di pyrex dunks.. buatlah yg dicetakan, murmer ji tawwa Rp 5000/cetakan, kemarin beli di Segeri, tapi banyakji jg dijual itu di pasar2. atau perlu sa kirimkan dari sini??
Unknown said…
Maaf OOT

Blogwallking jangan lupa kunjugin juga yaah ^^
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
reni said…
Eh baru tahu ada cetakan "telur puyuh"... ketahuan banget ga pernah masak aku inih hahaha
Riri Maysyuri said…
wah ada cetakan telor puyuh yah, baru tau
Unknown said…
datang berkunjung sambil ngabuburit, selamat menunaikan ibadah puasa ya
Unknown said…
datang berkunjung menyimak artikel sambil mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, sebentar lg hari fitri akan tiba kami mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan bathin
Unknown said…
wah imut imut ya jadinya, salam kenal aja ya bu
Unknown said…
Beli yg udah jadi sekarang juga dah banyak di carrefour
Hanan M said…
lucu ya pudingnya bulet2 gitu emang kayk telur puyuh.
oh iya kak jika berkenan bisa saling folbacknya? makasih :)
Unknown said…
Mback flanya tahan brpa lamaa...
Diah Alsa said…
Flanya bisa sampe esoknya Mbak, yg penting disimpannya di kulkas yah :)
Diah Alsa said…
Heheh, klo disini blm ada Carrefour Mas :D
Diah Alsa said…
Iyah, makanya dikasih nama puding telur puyuh, heheheh
Diah Alsa said…
Iyah Mbak, ada cetakannya.. hihihih, biasanya tour icip2 dari resto ke resto ya Mbak :)
Diah Alsa said…
Kita sama doong Mbak, suka keduanyaa *tooosss* :)
Anisa AE said…
Wih enak banget tuh kayaknya. Jadi ingin. Btw, bisaa dicoba nih resepnya. Terima kasih Bunda.

Popular posts from this blog

#CookingMama: Mie Goreng Seafood

Assalamu'alaikum... Mumpung masih bulan Syawal nih, sekalian mau ngucapin: " mohon maaf lahir bathin yaaa buat semua " 🙏🙏 Setelah beberapa bulan absen karena Sang Partner Cooking melahirkan dua bulan yang lalu, #CookingMama hadir kembali nih. Kali ini ambil tema yang mudah aja: mie goreng . Ohya selamat ya Mbak Ria atas kelahiran anak ketiganya, Iyan. Moga jadi anak sholeh, Aamiin.  Oke deh mari kita lanjut yah dengan cerita mie goreng untuk tema #CookingMama ini. Nah, berhubung bumil ini lagi pengen makan udang ama cumi jadilah kepikiran buat mie goreng seafood aja untuk setoran challenge kali ini. Sebenarnya buatnya ini waktu Ramadhan kemarin, dijadikan salah satu menu saat sahur lumayan juga, heheheh.  Intip resep mie goreng di dapur Mbak Ria  juga yah 😀

#CookingMama: Nasi Bakar Sederhana

Haii haaaii, Welcome 2017. Udah dua ribu tujuh belas nih, harus makin semangat lagi yah. Termasuk semangat masak-masaknya, biar dapurnya ngepul selalu #eh  Anyway, mau post tantangan kedua untuk #CookingMama nih yang kali ini temanya adalah Nasi Bakar. Kemarin waktu Mbak Ria nanya mau tema apa untuk tantangan kedua? Saya langsung aja bilang nasi bakar. Lagi pengen nyobain si Happy baru siih, jadi pengennya yang bakar-bakar itu, heheheh. 😊 Oke deh langsung cuss aja yuk ke si Nasi Bakar ini.