Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2012

#MM5 Putu Ayu

Uhuuuyy senangnya  MM bisa terus eksis.
Nah kali ini tantangannya adalah membuat Putu Ayu. Tantangan kali ini lumayan berat. Dari nyari cetakannya sampe proses pembuatannya yang lumayan menguras tenaga dan pikiran juga. Sempat takut gak bisa buat tantangan kali ini karena udah dua hari nyari cetakan tapi gak nemu-nemu juga dan kayaknya cetakan yang saya gunakan berbeda dari biasanya tapi sudlah daripada gak buat sama sekali, mana host untuk tantangan kali ini saya sendiri jadi Bismillah aja deh buatnya.

Pas buat juga sempat down dikit karena adonanannya keenceran - saya tambah sedikit air dari parutan daun pandan siiih jadi deh si kelapa tenggelam dan gak nongol! Biar adonannya selamat  ditambah tepung terigu lagi setelah itu baru deh si kelapa mau muncul.
Tantangan kali ini saya pake resep dari Bunda Inong*makasih ya Bunda, Al-Fatihah buat Bunda* :)
Seperti ini nih resepnya yang saya sesuaikan:
Bahan:
2butir telur
100gram gula pasir
200gram tepung terigu
1sdt emulsifier
1sdt gara…

#MM4 Donat Kentang Absurd

Hulaaa, senangnya di 2012 ini Makan Masakanku a.k.a MM balik lagi meramaikan dunia perbakingan dan masak-masak dan pastinya dunia perbloggingan juga, uhuuuyyyy (cozy) ke kedua dokter gigi yang cantik-cantik itu.
Kali ini hostnya adalah Jenk Ririn, Sista2 yang memilih membuat donat kentang sebagai tantangan MM#4. Jenk Sista2 membebaskan kami berkreasi dan mencari resep untuk membuat donat kentang ini, jadilah browsing sana sini dan nemu resep dari Ibu Fatmah Bahalwan - NCC Indonesia.
Seperti biasa menyesuaikan dengan stock bahan yang tersedia di rumah, yuukks intip dulu bahan yang saya gunakan untuk membuat donat kentang saya yah.


Bahan Donat:
500gram  tepung terigu
1 bungkus ragi instan
200gram   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100gram   gula pasir (atau sesuai selera)
75gram     mentega
½ sdt    garam
4 btr  telur (4 kuning dan 1 putih telur)
100ml  air dingin
5gram Pelembut roti (optional)

Minyak untuk menggoreng

Bahan Toping: 
500gram gula halus
3 putih telur
50ml perasan…