Skip to main content

Bluder a'La Diah


Kali ini postingan untuk Masak Bareng Yuuk lagi, kebetulan tema yang diambil kali ini adalah Bluder. Hmmm, kayaknya sih pernah makan tapi buatnya? Jangan ditanya, belum dong, hehehh.

Pas baca deskripsinya, klo bluder itu perpaduan antara roti dan cake? Huaaa rempong dong ini? Emang sih udah lumayanlah sering buat cake tapi klo roti saya baru belakangan ini aja belajar buatnya itu juga hasilnya masih blepotan. Aiissh tapi waktu lihat udah banyak yang setor hasilnya iiih jadi gregetan pengen coba buat juga. 

Nah kebetulan kemarin libur, Thanksgiving day - jadi deh semangat untuk buat. Bahan-bahannya juga udah ada, resep-resep untuk contekan udah banyak tapi seperti biasa cari yang kira-kira paling mudah dan bahannya gak ribet, xixiix. Kali ini pakai resep dari sini dengan sedikit improvisasi siiih sebenarnya, modal nekat banget deh. Dan saya baru sadar ternyata ini roti bukan gabungan cake, ahhh tapi gak apa-apa deh yang penting berhasil, heheheh.

 
 Bahan I:
  • 600 gr tepung terigu (udah cari keliling terigu protein tinggi tapi gak ada, kayaknya stocknya lagi kosong, jadi deh pake terigu yang protein rendah semua)
  • 100 gr gula pasir
  • 11 gr ragi instan
  • 8 gr bread improver
Bahan II:
  • 5 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 189 ml susu bear brand
  • 300 ml air es
Bahan III:
  • 150 gr mentega
Bahan IV:

  • 1butir kuning telur
  • 50 ml susu cair
Bahan isian: coklat ceres (atau sesuai selera) dan choco chips

Cara Membuat:
  1. Campur bahan I dan bahan II, uleni sampai rata. Kemudian masukkan bahan III, uleni kembali hingga kalis dan elastis, diamkan kira-kira setengah jam (hingga mengembang)
  2. Kempiskan adonan, potong dan timbang masing-masing 50 - 60 gram, diamkan kembali selama setengah jam, isi dan bentuk sesuai selera. Masukkan ke dalam cup kertas cake/roti.
  3. Diamkan kembali selama kurang lebih 1 jam, olesi bagian atas dengan bahan IV hingga rata. Panggang dalam oven dengan suhu 180'C hingga berwarna kuning kecoklatan.




Lihat, mengembang dan merekah kan yah? Pagi ini para ponakan sarapan roti bluder sebelum berangkat sekolah. Cukup satu cup per orang, secara gede gitu jadi deh gak ada yang nambah karena udah pada kenyang. Semalam sebenarnya ada juga di cup kecil di cetakan muffin gitu tapi gak sempat difoto lagi, keburu diserbu pas turun dari oven, xixiixix. Sukaaaa deh klo buat sesuatu dan laris manis, heheheh. Jadi semangat buat experimen lainnya :D

 
 

Comments

Gulunganpita said…
kalau sudah pindah rumah,sudah bersih-bersih, sudah nyaman, mau bikin ah :D
Topics said…
hmm aq pernah makan bluder gayaaa.. lupa2 ingat

tapi tapi.. mau mau donk
Lupa Nama said…
gg pernah nyobain , , ,jadi pengen . . :D:D
Fazri said…
sepertinya enak ya mba.. hasilnya sempurna, walaupun blum mencicipi itu kue..
hasanzaenudin35 said…
Enak tuh untuk di makan, salam saya Kkaka
reni said…
Di Madiun ada lo bluder yang uenaaakkk banget, yang terkenal sampai ke luar kota.
Ayo kapan ke Madiun, ntar aku beliin deh :D

Popular posts from this blog

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D
Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak.
Puding Telur Puyuh? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu  *klo gak …

#MM3 Pastel a.k.a Jalangkote

Assalamu'alaikum.....
Ramadhan datang menghampiri kita lagi, Alhamdulillah masih bisa bertemu dengan bulan penuh berkah dan ampunan ini lagi.
Anyway buka puasa hari ini pake apa?? es buah?? kue?? atau apa niih?? hmmmm gimana klo kita buat pastel aja?? ahaaa jadi inget setahun lalu buat pastel juga dalam rangka menyelesaikan Pe eR MM hihihih kangen deh kejar-kejaran setor Pe eR bareng Jenk Ririn dan juga Jenk Nuniyuukkss Ibu-ibu kapan lagi nih kita buat Pe eR MM#4 :D
Oh iya, FYI di Sulawesi Pastel tuh lebih dikenal dengan sebutan Jalangkote, kenapa dinamakan seperti itu?? hohoh saya pun gak tau kenapa... argghh daripada panjang lebar mending kita langsung mulai aja yuukkk mariiii ;)
Ingredients:
*Bahan Kulit:
500gr. tepung terigu
150ml. air 50gr. margarin 1btr telur
**Bahan Isi: @ 2buah wortel & kentang *potong dadu kecil-kecil 1/2 siung bawang bombay 1bungkus bihun, iris kecil-kecil 5btr telur *rebus, iris tipis 100gr. daging [sesuai selera], suir kecil-kecil 1bgks penyedap rasa Mi…