Skip to main content

Bluder a'La Diah


Kali ini postingan untuk Masak Bareng Yuuk lagi, kebetulan tema yang diambil kali ini adalah Bluder. Hmmm, kayaknya sih pernah makan tapi buatnya? Jangan ditanya, belum dong, hehehh.

Pas baca deskripsinya, klo bluder itu perpaduan antara roti dan cake? Huaaa rempong dong ini? Emang sih udah lumayanlah sering buat cake tapi klo roti saya baru belakangan ini aja belajar buatnya itu juga hasilnya masih blepotan. Aiissh tapi waktu lihat udah banyak yang setor hasilnya iiih jadi gregetan pengen coba buat juga. 

Nah kebetulan kemarin libur, Thanksgiving day - jadi deh semangat untuk buat. Bahan-bahannya juga udah ada, resep-resep untuk contekan udah banyak tapi seperti biasa cari yang kira-kira paling mudah dan bahannya gak ribet, xixiix. Kali ini pakai resep dari sini dengan sedikit improvisasi siiih sebenarnya, modal nekat banget deh. Dan saya baru sadar ternyata ini roti bukan gabungan cake, ahhh tapi gak apa-apa deh yang penting berhasil, heheheh.

 
 Bahan I:
  • 600 gr tepung terigu (udah cari keliling terigu protein tinggi tapi gak ada, kayaknya stocknya lagi kosong, jadi deh pake terigu yang protein rendah semua)
  • 100 gr gula pasir
  • 11 gr ragi instan
  • 8 gr bread improver
Bahan II:
  • 5 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 189 ml susu bear brand
  • 300 ml air es
Bahan III:
  • 150 gr mentega
Bahan IV:

  • 1butir kuning telur
  • 50 ml susu cair
Bahan isian: coklat ceres (atau sesuai selera) dan choco chips

Cara Membuat:
  1. Campur bahan I dan bahan II, uleni sampai rata. Kemudian masukkan bahan III, uleni kembali hingga kalis dan elastis, diamkan kira-kira setengah jam (hingga mengembang)
  2. Kempiskan adonan, potong dan timbang masing-masing 50 - 60 gram, diamkan kembali selama setengah jam, isi dan bentuk sesuai selera. Masukkan ke dalam cup kertas cake/roti.
  3. Diamkan kembali selama kurang lebih 1 jam, olesi bagian atas dengan bahan IV hingga rata. Panggang dalam oven dengan suhu 180'C hingga berwarna kuning kecoklatan.




Lihat, mengembang dan merekah kan yah? Pagi ini para ponakan sarapan roti bluder sebelum berangkat sekolah. Cukup satu cup per orang, secara gede gitu jadi deh gak ada yang nambah karena udah pada kenyang. Semalam sebenarnya ada juga di cup kecil di cetakan muffin gitu tapi gak sempat difoto lagi, keburu diserbu pas turun dari oven, xixiixix. Sukaaaa deh klo buat sesuatu dan laris manis, heheheh. Jadi semangat buat experimen lainnya :D

 
 

Comments

Gulunganpita said…
kalau sudah pindah rumah,sudah bersih-bersih, sudah nyaman, mau bikin ah :D
Topics said…
hmm aq pernah makan bluder gayaaa.. lupa2 ingat

tapi tapi.. mau mau donk
lupanama said…
gg pernah nyobain , , ,jadi pengen . . :D:D
Fazri said…
sepertinya enak ya mba.. hasilnya sempurna, walaupun blum mencicipi itu kue..
Anonymous said…
Enak tuh untuk di makan, salam saya Kkaka
reni said…
Di Madiun ada lo bluder yang uenaaakkk banget, yang terkenal sampai ke luar kota.
Ayo kapan ke Madiun, ntar aku beliin deh :D

Popular posts from this blog

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak. Puding Telur Puyuh ? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu 

#CookingMama: Mie Goreng Seafood

Assalamu'alaikum... Mumpung masih bulan Syawal nih, sekalian mau ngucapin: " mohon maaf lahir bathin yaaa buat semua " 🙏🙏 Setelah beberapa bulan absen karena Sang Partner Cooking melahirkan dua bulan yang lalu, #CookingMama hadir kembali nih. Kali ini ambil tema yang mudah aja: mie goreng . Ohya selamat ya Mbak Ria atas kelahiran anak ketiganya, Iyan. Moga jadi anak sholeh, Aamiin.  Oke deh mari kita lanjut yah dengan cerita mie goreng untuk tema #CookingMama ini. Nah, berhubung bumil ini lagi pengen makan udang ama cumi jadilah kepikiran buat mie goreng seafood aja untuk setoran challenge kali ini. Sebenarnya buatnya ini waktu Ramadhan kemarin, dijadikan salah satu menu saat sahur lumayan juga, heheheh.  Intip resep mie goreng di dapur Mbak Ria  juga yah 😀

#CookingMama: Nasi Bakar Sederhana

Haii haaaii, Welcome 2017. Udah dua ribu tujuh belas nih, harus makin semangat lagi yah. Termasuk semangat masak-masaknya, biar dapurnya ngepul selalu #eh  Anyway, mau post tantangan kedua untuk #CookingMama nih yang kali ini temanya adalah Nasi Bakar. Kemarin waktu Mbak Ria nanya mau tema apa untuk tantangan kedua? Saya langsung aja bilang nasi bakar. Lagi pengen nyobain si Happy baru siih, jadi pengennya yang bakar-bakar itu, heheheh. 😊 Oke deh langsung cuss aja yuk ke si Nasi Bakar ini.