Skip to main content

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D

Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak.

Puding Telur Puyuh? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu  *klo gak salah* di rumah Tante banyak banget cetakan kecil-kecil bentuk telur puyuh, nah suatu hari pas saya datang lagi dia ternyata baru aja buat puding telur puyuh, iihh unyuu banget deeh bentuknya kayak telur puyuh beneran, warnanya juga sama seperti telur. Nah pas acara malam Khatam Qur'an-ku kemarin Tante katanya mau buat puding telur puyuh lagi. Ini emang salah satu menu andalan dese siih, praktis dan laris maniis looh. Weekend kemarin jadi kepikiran juga pengen buat, kebetula udah diberi tahu resep dan step by stepnya ma Tante, makasih resepnya yah Tanteku sayang :*. Dua hari lalu kebetulan lewat TBK langsung deh mampir beli cetakan si telur puyuh sekalian bahan-bahannya. Yuuks, mar buat ;)

Bahan I  *Isian (Kuning) Telur Puyuh:
  • 3 buah kentang, rebus kemudian haluskan
  • 1 sdm mentega
  • 2 sdm gula  *secukupnnya atau sesuai selera
  • 3 sdm terigu
  • 2 butir kuning telur
  • 2 tetes pewarna kuning telur
Campur semua bahan jadi satu kemudian masak di atas api kecil hingga kalis.

Bahan II *Putih Telur Puyuh:
  •   2 bungkus agar-agar putih
  •   5 gelas air, untuk 2 bungkus agar-agar (kurleb 1000ml)
  •   1 kaleng susu kental manis
Campur semua bahan jadi satu kemudian masak hingga matang, angkat.

Bahan I dan II:
 
Buat bulat-bulatan kecil menyerupai kuning telur dari bahan kuning telur puyuh tadi kemudian masukkan ke dalam cetakan. Masukkan bahan agar ke dalam cetakan telur puyuh. Isi cetakannya itu sampai garis batas cetakan yah, kemudian tutup. Tandanya, jika agar-agarnya keluar lewat lubangnya berarti udah bener tuh. Udah pas ukurannya. Diamkan selama 2 - 3 jam, atau hingga telur puyuh bisa lepas dari cetakannya.

Bahan Saus: 
  • 1500ml santan
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 3 sdm tepung custard
  • 200 gram gula *dan atau sesuai selera
Campur semua bahan jadi satu kemudian masak hingga matang, angkat.

:: puding telur puyuh ::

Sajikan dingin pasti lebih nyaaaamiiii, silahkan mencoba yaaah. Enaaak looh, nyam nyaaam maniiiis ^____^


PS: Kata penjual di TBK itu, cetakannya ini bisa digunakan buat telur puyuh buatan untuk sup looh. Caranya telur dimasukkan ke dalam cetakan kemudian dikukus. Hmm kapan-kapan pengen nyoba buat juga aahh. Ohh iya, cetakannya itu macam-macam ukurannya. Ada yang ceti akan lebih kecil lagi, terus ada yang lebih gede lagi seperti ukuran telur ayam looh^^.



 



Comments

Ranii Saputra said…
kok aku mikir pertamanya beneran telur puyuh dibikin puding yaaa, hihi
aku suka puding, suka telur puyuh jugaaa :D
Unieq Munawir said…
Kalau dikampungku, puding jelly aneka rasa yang dibuat dengan cetakan ini, dimakannya juga sama vla encer.. rasanyaaa segaaarr, cuma setiap liat cetakannya ga kebayang gmn buatnya.. makanya kemarin begitu dirimu posting bertanyaaa heheheh

tenkiss sayang, lain kali mau coba buat puding telur puyuh ala dirimu, dan puding jelly kayak dikampungku.. beli cetakannya dulu..
rhey bond said…
tampaaak enak pupa,, pengen buat...
tp blm ada cetakan telur puyuh.... *alesan*
rhey bond said…
tampaaak enak pupa,, pengen buat...
tp blm ada cetakan telur puyuh.... *alesan*
diah alsa said…
@Ranii: hehehh, mirip telur puyuh yaah. saya juga suka puding, toooss, enaaak :D


ayooo buat juga yaah ;)

@CC Unieq: saya penasaran jadi nekat buatnya, Alhamdulillah berhasilji tawwa.. padahal sa fikir susyeehh, xixixi
ayoo CC, belimi ki segera itu cetakannya.

@Solmet Rhey: huuu yg sering bikin puding sesekali buat jgn yg di pyrex dunks.. buatlah yg dicetakan, murmer ji tawwa Rp 5000/cetakan, kemarin beli di Segeri, tapi banyakji jg dijual itu di pasar2. atau perlu sa kirimkan dari sini??
Maaf OOT

Blogwallking jangan lupa kunjugin juga yaah ^^
This comment has been removed by the author.
reni said…
Eh baru tahu ada cetakan "telur puyuh"... ketahuan banget ga pernah masak aku inih hahaha
wah ada cetakan telor puyuh yah, baru tau
ditoko kita said…
datang berkunjung sambil ngabuburit, selamat menunaikan ibadah puasa ya
ditoko kita said…
datang berkunjung menyimak artikel sambil mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, sebentar lg hari fitri akan tiba kami mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan bathin
Halo Bloger Makanan! Gabung yuk!! di myTasteIndonesia.com!!!

Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami. Tambahkan blog Anda di link ini: http://www.mytasteindonesia.com/tambahkan_blog_anda

Bila ada pertanyaan jangan sungkan untuk hubungi kami di:
info@mytasteindonesia.com

Terima kasih,
Salam myTaste Indonesia,
Immanuel Kabuhung
wah imut imut ya jadinya, salam kenal aja ya bu
Beli yg udah jadi sekarang juga dah banyak di carrefour
lucu ya pudingnya bulet2 gitu emang kayk telur puyuh.
oh iya kak jika berkenan bisa saling folbacknya? makasih :)
Lilik Sundari said…
Mback flanya tahan brpa lamaa...
diah alsa said…
Flanya bisa sampe esoknya Mbak, yg penting disimpannya di kulkas yah :)
diah alsa said…
Heheh, klo disini blm ada Carrefour Mas :D
diah alsa said…
Iyah, makanya dikasih nama puding telur puyuh, heheheh
diah alsa said…
Iyah Mbak, ada cetakannya.. hihihih, biasanya tour icip2 dari resto ke resto ya Mbak :)
diah alsa said…
Kita sama doong Mbak, suka keduanyaa *tooosss* :)

Popular

Bluder a'La Diah

Kali ini postingan untuk Masak Bareng Yuuk lagi, kebetulan tema yang diambil kali ini adalah Bluder. Hmmm, kayaknya sih pernah makan tapi buatnya? Jangan ditanya, belum dong, hehehh.
Pas baca deskripsinya, klo bluder itu perpaduan antara roti dan cake? Huaaa rempong dong ini? Emang sih udah lumayanlah sering buat cake tapi klo roti saya baru belakangan ini aja belajar buatnya itu juga hasilnya masih blepotan. Aiissh tapi waktu lihat udah banyak yang setor hasilnya iiih jadi gregetan pengen coba buat juga. 
Nah kebetulan kemarin libur, Thanksgiving day - jadi deh semangat untuk buat. Bahan-bahannya juga udah ada, resep-resep untuk contekan udah banyak tapi seperti biasa cari yang kira-kira paling mudah dan bahannya gak ribet, xixiix. Kali ini pakai resep dari sini dengan sedikit improvisasi siiih sebenarnya, modal nekat banget deh. Dan saya baru sadar ternyata ini roti bukan gabungan cake, ahhh tapi gak apa-apa deh yang penting berhasil, heheheh.


 Bahan I: 600 gr tepung terigu (udah…

#MM3 Pastel a.k.a Jalangkote

Assalamu'alaikum.....
Ramadhan datang menghampiri kita lagi, Alhamdulillah masih bisa bertemu dengan bulan penuh berkah dan ampunan ini lagi.
Anyway buka puasa hari ini pake apa?? es buah?? kue?? atau apa niih?? hmmmm gimana klo kita buat pastel aja?? ahaaa jadi inget setahun lalu buat pastel juga dalam rangka menyelesaikan Pe eR MM hihihih kangen deh kejar-kejaran setor Pe eR bareng Jenk Ririn dan juga Jenk Nuniyuukkss Ibu-ibu kapan lagi nih kita buat Pe eR MM#4 :D
Oh iya, FYI di Sulawesi Pastel tuh lebih dikenal dengan sebutan Jalangkote, kenapa dinamakan seperti itu?? hohoh saya pun gak tau kenapa... argghh daripada panjang lebar mending kita langsung mulai aja yuukkk mariiii ;)
Ingredients:
*Bahan Kulit:
500gr. tepung terigu
150ml. air 50gr. margarin 1btr telur
**Bahan Isi: @ 2buah wortel & kentang *potong dadu kecil-kecil 1/2 siung bawang bombay 1bungkus bihun, iris kecil-kecil 5btr telur *rebus, iris tipis 100gr. daging [sesuai selera], suir kecil-kecil 1bgks penyedap rasa Mi…