Skip to main content

Green Ombre Cake

Rainbow Cake? Sepertinya sedang lagi naik daun yah, dimana-mana orang posting ataupun upload tentang cake ini. Awalnya saya gak tahu tentang cake  ini tapi bulan lalu saat saya BBMan ama Cc Unieq Sang pemilik Double U Cake perihal saya yang lagi dilanda baking blue. Hmm, sebenarnya siih niatan ngebaking lagi untuk experimen ada tapi kadang malas dan juga bingung mau bikin kue apa, yang tentunya bahan dan caranya gak rempong, xoxoxox. 

Yasuuud secara nih ya Cc Unieq itu punya segudang resep dan gak pelit untuk berbagi ceritalah dia tentang rainbow cake, dijelasin dikit sambil saya juga browsing lihat penampakan si rainbow cake. Kelihatannya menarik dan saya pun tertarik untuk membuatnya jadi sekalian aja saya minta Cc untuk menantang saya membuat cake ini *xixiix sok jagoan amat yak? :p Abis klo gak dikasih tantangan gitu gak bakalan deh saya mulai bereksperimen lagi, heheheh.

Dengan niat menggebu saya pun mengumpulkan bahan dan juga semangat membara untuk memulai baking lagi. Tapi sayangnya percobaan kali itu gagal pemirsa! Tidak sepenuhnya gagal sih sebenarnya tapi penampakannya acak-adut gak jelas banget deh pokoknya. Padahal saya sudah bela-belain menunggu dengan sabar si layer matang tapi karena emang waktu buatnya gak pas ya wajar sajah, saya pun sempat tertidur! Hahahhah. Hancur deh 1 layernya *klo gak salah waktu itu yang warna orange. Sementara 1 layer lagi warna merah hasilnya terlalu tipis jadi deh diiris dan dimakan biasa aja. Ah yasudlah, namanya juga belajar *seperti biasa, menyemangat diri sendiri =))

Naaah setelah gagal dengan percobaan itu saya sebenarnya semakin penasaran untuk membuat si Rainbow Cake itu, kebetulan Sabtu kemarin lagi free jadi deh coba buka lemari ternyata beberapa warnanya kurang, mana warna dasar pula yang gak ada: merah ama kuning. Langsung deh BBM Cc lagi, tentang hal ini. Cc bilang gimana klo coba Ombre Cake aja, seperti Rainbow Cake tapi dia versi 1 warna dan dibuat gradasi. Langsung search gambarnya dan nemu ternyata udah banyak juga yang buat, yasuuud langsung memutuskan membuat si Ombre aja. Kata Cc lebih bagus klo pake pasta, yasuuud karena yang ada pandan pasta yaaa itu aja deh, buat green ombre cake lah kitaaa, hehehh.

Naah inilah dia Green Ombre Cake a'La dapurdapuran :)
My First  Cake Decorating- Green Ombre Cake

Klo resep yang saya pakai kemarin itu resep Rainbow Cake  yang dikasih Cc, katanya dari Ny. Martha Stewart tapi berhubung kali ini Ombre Cake jadi susunan mejikuhibiniu si pelanginya jadi gradasi, yaahh kurleb seperti ini:

Ingredients:
  • 3 cups tepung terigu (kurleb 380gram)
  • 4 sdt baking powder 
  • 1/2 sdt garam
  • 225 gram margarin  
  • 400 gram gula *atau sesuai selera
  • 5 putih telur
  • 2 sdt vanila
  • 325 ml susu cair
  • Pasta pandan/hijau
Directions:
  1. Panaskan oven, siapkan loyang yang akan digunakan - olesi margarin dan tempel dengan kertas roti.
  2. Kocok dengan menggunakan whisk putih telur.
  3. Mixer margarine sampai pucat kemudian masukkan putih telur. Mixer lagi hingga mengembang dan benar-benar berubah warna.
  4. Masukkan campuran terigu, baking powder dan garam. 
  5. Masukkan campuran susu dan vanila 
  6. Bagi adonan sesuai keinginan *kemarin saya buat 5 layer.
  7. Panggang selama 20-30 menit atau hingga matang (lakukan tes tusuk).
  8. Dinginkan cake.
  9. Lakukan finishing dari warna yang paling tua-muda-dan seterusnya hingga warna dasar *tanpa pewarna dibagian paling atas. Beri butter disetiap lapisan kemudian tutup cake dengan cream, hias sesuai dengan keinginan :)

Oooh iyah, si Green Ombre Cake ini kue pertama yang saya dekor. Walaupun hasilnya masih jauh dibawah standard tapi gak masalah, yang penting saya sudah berani berkreasi, heheheh

Ayoo ayooo, yang mau coba buat Rainbow Cake ataupun Ombre Cake, selamat mencoba yaaa ;) Pokoknya jangan takut gagal! Karena gagal juga adalah proses belajar #sokbijak (^____^)

##########

Failed - Rainbow Cake

Klo yang ini versi rainbow cake gagal a'La saya yang sejak diawal saya ceritakan panjang lebar ini, xixiix.





Comments

Popular posts from this blog

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D
Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak.
Puding Telur Puyuh? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu  *klo gak …

Bluder a'La Diah

Kali ini postingan untuk Masak Bareng Yuuk lagi, kebetulan tema yang diambil kali ini adalah Bluder. Hmmm, kayaknya sih pernah makan tapi buatnya? Jangan ditanya, belum dong, hehehh.
Pas baca deskripsinya, klo bluder itu perpaduan antara roti dan cake? Huaaa rempong dong ini? Emang sih udah lumayanlah sering buat cake tapi klo roti saya baru belakangan ini aja belajar buatnya itu juga hasilnya masih blepotan. Aiissh tapi waktu lihat udah banyak yang setor hasilnya iiih jadi gregetan pengen coba buat juga. 
Nah kebetulan kemarin libur, Thanksgiving day - jadi deh semangat untuk buat. Bahan-bahannya juga udah ada, resep-resep untuk contekan udah banyak tapi seperti biasa cari yang kira-kira paling mudah dan bahannya gak ribet, xixiix. Kali ini pakai resep dari sini dengan sedikit improvisasi siiih sebenarnya, modal nekat banget deh. Dan saya baru sadar ternyata ini roti bukan gabungan cake, ahhh tapi gak apa-apa deh yang penting berhasil, heheheh.


 Bahan I: 600 gr tepung terigu (udah…

#MM3 Pastel a.k.a Jalangkote

Assalamu'alaikum.....
Ramadhan datang menghampiri kita lagi, Alhamdulillah masih bisa bertemu dengan bulan penuh berkah dan ampunan ini lagi.
Anyway buka puasa hari ini pake apa?? es buah?? kue?? atau apa niih?? hmmmm gimana klo kita buat pastel aja?? ahaaa jadi inget setahun lalu buat pastel juga dalam rangka menyelesaikan Pe eR MM hihihih kangen deh kejar-kejaran setor Pe eR bareng Jenk Ririn dan juga Jenk Nuniyuukkss Ibu-ibu kapan lagi nih kita buat Pe eR MM#4 :D
Oh iya, FYI di Sulawesi Pastel tuh lebih dikenal dengan sebutan Jalangkote, kenapa dinamakan seperti itu?? hohoh saya pun gak tau kenapa... argghh daripada panjang lebar mending kita langsung mulai aja yuukkk mariiii ;)
Ingredients:
*Bahan Kulit:
500gr. tepung terigu
150ml. air 50gr. margarin 1btr telur
**Bahan Isi: @ 2buah wortel & kentang *potong dadu kecil-kecil 1/2 siung bawang bombay 1bungkus bihun, iris kecil-kecil 5btr telur *rebus, iris tipis 100gr. daging [sesuai selera], suir kecil-kecil 1bgks penyedap rasa Mi…