Skip to main content

Klappertaart a'La Diah

Rajinnya lagi kumat wal hasil di 10-10-10 ini pun dengan semangat bereksperimen, kebetulan lagi di rumah juga dan gak mood kemana-mana... Sooo, mari bakiiiing..

...dan apakah hasil eksperimen saya hari ini??? Yuukkss Yuukkss mariiiii...

Namanya Klappertart, konon katanya ini adalah kue khas Manado - Sulawesi Utara yang merupakan salah satu kuliner peninggalan Belanda. Klo kita gugling lumayan banyak yang sudah berhasil membuat kue ini, salah satunya Mbak Ricke yang punya jam terbang dalam baking dan cookingnya yang sangat padat, Mbak Ricke juga terima orderan loohh *skalian promosiin, kali saya dikirimin paket kue dari Mbak Cantik ini* hehehehh

Okay deeehh sini saya akan menshare resep Klappertaart dari Mbak Ricke, yang seperti biasa saya modif sesuka saya berdasarkan bahan yang tersedia di rumah :D

Bahan-bahan:
600 ml susu cair *seperti biasa, saya pake susu bubuk yang dicairkan... hohoh irit modeON*
200gram gula pasir *atau menurut selera*
250 ml whip cream cair *whip cream yang dicairkan, silahkan liat intruksi pada kemasan whip cream*
125 gram tepung maizena
75 gram terigu
150 gram margarine
5 butir kuning telur, kocok lepas
2 butir kelapa muda, dikeruk *sesuai selera, katanya lebih banyak kelapa mudanya lebih baik* ;)
½ sdt essence vanilla

Topping *a'La diah*
Keju parut *kebetulan dirumah masih ada keju, jadiii manfaatkan aja bahan yang ada* :D

Cara membuat:
  1. Campur whip cream cair, tepung maizena, tepung terigu dan kuning telur. Aduk rata hingga lembut dan tercampur rata, sisihkan.
  2. Panaskan susu cair beserta gula pasir, aduk hingga gula larut dan susu mendidih dengan menggunakan api kecil, aduk terus agar susu tidak pecah. Kemudian masukkan campuran whip cram, tepung maizena, tepung terigu dan juga kuning telur ke dalam susu. Aduk dengan cepat hingga rata dan halus sampai adonan mengental. Aduk perlahan dan terus-menerus hingga adonan panas, matikan api.
  3. Masukkan margarine, aduk rata hingga seluruh margarine larut.
  4. Masukkan kelapa muda, aduk rata.
  5. Masukkan essence vanilla, aduk rata.
  6. Masukkan ke dalam loyang, pinggan, cetakan, atau pyrex. Taburi dengan parutan keju kemudian panggang ke dalam oven kurleb 30menit.
  7. Angkat, sajikan dengan teh hangat.... nyamiiii
Okay deh... udah dulu yaaa tuk laporan experimen hari ini, jika ada yang tertarik silahkan coba buat sendiri ^___^

Happy baking and cooking, happy blogging jugaaa :)



Comments

Ria Nugroho said…
mauuuuu ada kejunya bikin ngiler :'(
kayaknya gampang heu
dEvi said…
kirain aku ini bikinnya susah di, ternyata mudah yah *keliatannya :D*
yg pasti ini yummy bangeedd >.<
.:diah:. said…
@Ria: iyaaaahhh, ini ada kejunya Mbak, nyaaamm nyaammm.. ayo buat mbak ;)

@Devi: iyaah Dev, tadinya juga saya fikir susaaahh, ternyata simple loh, ayoooo buaaatt dev ;)
Elsa said…
wuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah

ngiler dot com!!!!
.:diah:. said…
hehehhh, Mbak Elsa bisa ajaaahh...
klo versi asli yg dari Manado itu pasti lebih nyuamiiii

Popular

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D
Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak.
Puding Telur Puyuh? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu  *klo gak …

Bluder a'La Diah

Kali ini postingan untuk Masak Bareng Yuuk lagi, kebetulan tema yang diambil kali ini adalah Bluder. Hmmm, kayaknya sih pernah makan tapi buatnya? Jangan ditanya, belum dong, hehehh.
Pas baca deskripsinya, klo bluder itu perpaduan antara roti dan cake? Huaaa rempong dong ini? Emang sih udah lumayanlah sering buat cake tapi klo roti saya baru belakangan ini aja belajar buatnya itu juga hasilnya masih blepotan. Aiissh tapi waktu lihat udah banyak yang setor hasilnya iiih jadi gregetan pengen coba buat juga. 
Nah kebetulan kemarin libur, Thanksgiving day - jadi deh semangat untuk buat. Bahan-bahannya juga udah ada, resep-resep untuk contekan udah banyak tapi seperti biasa cari yang kira-kira paling mudah dan bahannya gak ribet, xixiix. Kali ini pakai resep dari sini dengan sedikit improvisasi siiih sebenarnya, modal nekat banget deh. Dan saya baru sadar ternyata ini roti bukan gabungan cake, ahhh tapi gak apa-apa deh yang penting berhasil, heheheh.


 Bahan I: 600 gr tepung terigu (udah…

#MM3 Pastel a.k.a Jalangkote

Assalamu'alaikum.....
Ramadhan datang menghampiri kita lagi, Alhamdulillah masih bisa bertemu dengan bulan penuh berkah dan ampunan ini lagi.
Anyway buka puasa hari ini pake apa?? es buah?? kue?? atau apa niih?? hmmmm gimana klo kita buat pastel aja?? ahaaa jadi inget setahun lalu buat pastel juga dalam rangka menyelesaikan Pe eR MM hihihih kangen deh kejar-kejaran setor Pe eR bareng Jenk Ririn dan juga Jenk Nuniyuukkss Ibu-ibu kapan lagi nih kita buat Pe eR MM#4 :D
Oh iya, FYI di Sulawesi Pastel tuh lebih dikenal dengan sebutan Jalangkote, kenapa dinamakan seperti itu?? hohoh saya pun gak tau kenapa... argghh daripada panjang lebar mending kita langsung mulai aja yuukkk mariiii ;)
Ingredients:
*Bahan Kulit:
500gr. tepung terigu
150ml. air 50gr. margarin 1btr telur
**Bahan Isi: @ 2buah wortel & kentang *potong dadu kecil-kecil 1/2 siung bawang bombay 1bungkus bihun, iris kecil-kecil 5btr telur *rebus, iris tipis 100gr. daging [sesuai selera], suir kecil-kecil 1bgks penyedap rasa Mi…