Skip to main content

#MM3 Pastel a.k.a Jalangkote

Assalamu'alaikum.....

Ramadhan datang menghampiri kita lagi, Alhamdulillah masih bisa bertemu dengan bulan penuh berkah dan ampunan ini lagi.

Anyway buka puasa hari ini pake apa?? es buah?? kue?? atau apa niih?? hmmmm gimana klo kita buat pastel aja?? ahaaa jadi inget setahun lalu buat pastel juga dalam rangka menyelesaikan Pe eR MM hihihih kangen deh kejar-kejaran setor Pe eR bareng Jenk Ririn dan juga Jenk Nuni yuukkss Ibu-ibu kapan lagi nih kita buat Pe eR MM#4 :D

Oh iya, FYI di Sulawesi Pastel tuh lebih dikenal dengan sebutan Jalangkote, kenapa dinamakan seperti itu?? hohoh saya pun gak tau kenapa... argghh daripada panjang lebar mending kita langsung mulai aja yuukkk mariiii ;)

Ingredients:

*Bahan Kulit:

500gr. tepung terigu

150ml. air
50gr. margarin
1btr telur

**Bahan Isi:
@ 2buah wortel & kentang *potong dadu kecil-kecil
1/2 siung bawang bombay
1bungkus bihun, iris kecil-kecil
5btr telur *rebus, iris tipis
100gr. daging [sesuai selera], suir kecil-kecil
1bgks penyedap rasa
Minyak untuk menumis

Minyak untuk menggoreng.

Directions:
*Kulit
Campur semua bahan kedalam tepung terigu, uleni hingga kalis dan siap untuk dicetak

**Isi
Tumis bawang bombay hingga harum, wortel, kentang.
Masukkan penyedap rasa, tuangkangkan irisan bihun, aduk kemudian angkat.

Cetak kulit dengan berbentuk bulat/bundar *bisa menggunakan mangkuk atau pun penutup yang berbentuk bulat/bundar.
Isi dengan bahan isian, tambahkan irisan telur.

Goreng hingga matang kecoklatan

Angkat dan sajikan dengan saos.

______________

Naahhh, gampang kan?? yuukks mari buat pastel a.k.a jalangkote yuukks jadi menu buka puasa kita di bulan Ramadhan ini ;)





Comments

uNieQ said…
setelah 2 hari keliling cari resep, akhirnya nemu resep ini yang jelas takaran airnya.. nyontek ya saayy, coba kutau dirimu pernah bikin khan sy nda perlu galau dr kemarin hihihihihi, ntar klo jadimi laporan k hasilnyaaa... tenkyuuuu resepnya yakssss

Popular

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D
Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak.
Puding Telur Puyuh? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu  *klo gak …

Kwetiau Kuah Udang

Hulaaaaaaa, blog ini udah berbulan-bulan dianggurin. Huhuh maafkan, saya emang lagi jarang berexperimen mencoba sesuatu yang baru, sebenarnya bulan Ramadhan kemarin sempat coba buat puding buah sih tapi hasilnya jauh dari kata berhasil, jadi deh gak dipublish disini. 
Nah baru kemarin pagi dengan semangat menggebu-gebu pengen masak-masak lagi, langsung deh begitu bangun langsung ke pasar buat beli bahan-bahannya pulangnya langsung deh bergerilya di dapur. Dan kemarin itu mencoba membuat resep dari Mbak Asri yaitu resep Mie Tiau a.k.a Kwetiau. 
Seperti biasa saya itu mengganti sesuai dengan selera dan bahan yang ada, dan seperti inilah Kwetiau a'La saya :)
Klo di resep Mbak Asri dia itu pake ayam, nah berhubung saya udah 3thnan ini gak makan ayam *makan sih tapi klo lagi pengen aja* jadi deh saya ganti ayam menjadi udang :D
Bahan Udang:  1/4 kg udang, kupas kulitnya, sisihkan kepalanya sebagai kuah/kaldu. 2 sdm kecap manis 1 sdm saus tiram 2 siung bawang putih, haluskan 1 buah b…