Skip to main content

ISTILAH dalam MEMASAK

Minggu gini asiknya jalan-jalan atau melakukan sesuatu yang berharga dan bermanfaat *caelaaahh bahasanya gak naahaaaann* tapi berhubung diluar hujan dan kondisi perut yang lagi gak bersahabat buat melakukan kedua hal tersebut, jadiiii kayaknya jalan-jalan didunia maya aja kali yaaa :D

Naaaahh, ini baru aja selesai baca kompas.com dan salah satu rubrik kesukaan saya ada di bagian female hehehh yaa iyalaaahh suka baca itu secara banyak tips yang pastinya bermanfaat buat kita-kita kaum cewek ini, dan salah satunya adalah ini :)

Istilah-istilah dalam Memasak... hohohoh, cocoookk banget buat diriku ini yang newbie dalam hal ini, dan mungkin juga ada teman-teman yang masih bingung dengan istilah-istilah yang biasa kita dengar/baca ketika melihat sebuah resep.

Daripada berlama-lama, yukkkss mariii belajar bersama yuuukkss ;)

****************************
Menumis (sauteing)
Memasak dengan sedikit minyak

1. Gunakan api besar agar sayuran tetap renyah dan kandungan vitamin tetap optimal.
2. Hindari menumis dengan panci dari aluminium ringan berdasar tipis supaya tumisan tidak hangus.
3. Masukkan bahan yang lama matangnya terlebih dahulu, baru masukkan bahan yang cepat layu. Sajikan segera setelah matang.

Mengukus (steaming)
Mematangkan makanan dengan uap panas

1. Kukus makanan setelah air mendidih dan uap panas cukup banyak.
2. Bahan yang mengandung vitamin B dan C lebih baik dikukus daripada direbus, sebab mudah larut dalam air.
3. Air jangan masuk ke dalam kukusan dan harus sering dicek, jangan sampai habis.

Memanggang (baking)
Memasak dalam oven

1. Panaskan oven sebelum memanggang.
2. Letakkan loyang di rak bagian tengah oven. Jangan langsung di bagian terbawah karena kue akan hangus sebelum matang bagian dalamnya.

Menggoreng (deep frying)
Menggoreng dalam minyak banyak dan panas

1. Gunakan minyak goreng dengan mutu terbaik dan banyak, hingga makanan terendam.
2. Pakai api sedang saat menggoreng agar tak cepat gosong.
3. Untuk mengetahui minyak sudah cukup panas atau belum, masukkan sodet kayu ke dalam minyak. Jika minyak di sekitar sodet bergelembung, berarti minyak sudah cukup panas.

Merebus (boiling)
Memasak di dalam panci terbuka atau tertutup berisi air di atas api besar hingga mendidih

1. Masukkan bahan makanan setelah air mendidih.
2. Agar sayuran tetap berwarna segar, rebus dalam panci terbuka tanpa tutup.
3. Untuk membuat kaldu lezat, masukkan daging, tunggu sampai air mendidih kembali. Tutup panci dan kecilkan api, masak sampai daging empuk dan air kaldu berwarna bening.

Mengetim (bain marie)
Memasak menggunakan air sebagai pengantar panas, sehingga makanan tidak kontak langsung dengan api

1. Untuk puding karamel, waktu mengetim masukkan ke dalam oven.
2. Waktu mengetim, jaga agar air tidak masuk ke dalam wadah berisi makanan atau pakai tutup pinggan tahan panas dengan aluminium foil.

(*Nuraini W./Tabloid Nova)

****************************

Udah baca kan?? Udah ngerti?? heheheh saya juga sedang mencernanya, semoga dengan ini kita makin semangat lagi dalam berkarya, berperang melawan barang-barang yang ada di dapur, buat bahan menjadi masakan enak, lezat, nyuamiiiii ^___^




Comments

riesta said…
haduuuuuuuh,,,jadi inget pelajaran PKK jaman SMP dulu....
.:diah:. said…
ada yaa pelajaran PKK waktu SMP?? daku gk ada tuh Riest, hehehh...

ayoo ayooo, mari kita belajar memasakk... :D

Popular posts from this blog

Puding Telur Puyuh

Ayeeeyy, 2014. Anyway saya udah berganti status single binti lajang menjadi seorang istri a.k.a Nyonya, xixiix. Masih aneh dengan status baru ini siih, masih terus belajar dan belajar juga. Termasuk masih belum bosan dengan bereksperimen di dapur mencoba resep-resep yang bikin ngences, semoga saja suami makin cintaahh dengan istrinya ini, hehehehh. *gimme Aamiin, please :D
Oke okeee, mari langsung lanjut ke postingannya yaahh. Jadi ceritanya kemarin itu habis buat puding lagi, yes I love puding, gak bosan deeehh yang namanya puding, karena praktis dan gampang makanya jadi senang buatnya dan kayaknya tingkat kegagalan  buat puding itu gak seberapalah yah dibanding nge-baking atau masak-memasak jadi deh klo ada resep puding itu buat semangat dan penasaran untuk mencobanya apalagi bahan yang dibutuhkan gak sebanyak klo buat baking atau masak-memasak.
Puding Telur Puyuh? Udah pada tahu dong yah? Naaah saya tahu ini dari Tante saya. Waktu ke Kolaka tahun apa dua tahun lalu gitu  *klo gak …

Bluder a'La Diah

Kali ini postingan untuk Masak Bareng Yuuk lagi, kebetulan tema yang diambil kali ini adalah Bluder. Hmmm, kayaknya sih pernah makan tapi buatnya? Jangan ditanya, belum dong, hehehh.
Pas baca deskripsinya, klo bluder itu perpaduan antara roti dan cake? Huaaa rempong dong ini? Emang sih udah lumayanlah sering buat cake tapi klo roti saya baru belakangan ini aja belajar buatnya itu juga hasilnya masih blepotan. Aiissh tapi waktu lihat udah banyak yang setor hasilnya iiih jadi gregetan pengen coba buat juga. 
Nah kebetulan kemarin libur, Thanksgiving day - jadi deh semangat untuk buat. Bahan-bahannya juga udah ada, resep-resep untuk contekan udah banyak tapi seperti biasa cari yang kira-kira paling mudah dan bahannya gak ribet, xixiix. Kali ini pakai resep dari sini dengan sedikit improvisasi siiih sebenarnya, modal nekat banget deh. Dan saya baru sadar ternyata ini roti bukan gabungan cake, ahhh tapi gak apa-apa deh yang penting berhasil, heheheh.


 Bahan I: 600 gr tepung terigu (udah…

#MM3 Pastel a.k.a Jalangkote

Assalamu'alaikum.....
Ramadhan datang menghampiri kita lagi, Alhamdulillah masih bisa bertemu dengan bulan penuh berkah dan ampunan ini lagi.
Anyway buka puasa hari ini pake apa?? es buah?? kue?? atau apa niih?? hmmmm gimana klo kita buat pastel aja?? ahaaa jadi inget setahun lalu buat pastel juga dalam rangka menyelesaikan Pe eR MM hihihih kangen deh kejar-kejaran setor Pe eR bareng Jenk Ririn dan juga Jenk Nuniyuukkss Ibu-ibu kapan lagi nih kita buat Pe eR MM#4 :D
Oh iya, FYI di Sulawesi Pastel tuh lebih dikenal dengan sebutan Jalangkote, kenapa dinamakan seperti itu?? hohoh saya pun gak tau kenapa... argghh daripada panjang lebar mending kita langsung mulai aja yuukkk mariiii ;)
Ingredients:
*Bahan Kulit:
500gr. tepung terigu
150ml. air 50gr. margarin 1btr telur
**Bahan Isi: @ 2buah wortel & kentang *potong dadu kecil-kecil 1/2 siung bawang bombay 1bungkus bihun, iris kecil-kecil 5btr telur *rebus, iris tipis 100gr. daging [sesuai selera], suir kecil-kecil 1bgks penyedap rasa Mi…